November 15, 2012

Laporan Perjalanan Observasi



            Pada tanggal 8 November kemarin kami keluarga akselerasi mengunjungi LAPAN, Pajajaran, dan Museum Geologi dengan menggunakan bus. Kegiatan diawali dengan mengunjungi LAPAN, saat memasuki halaman LAPAN kami disuguhkan pemandangan yang begitu indah dan tentunya alat-alat yang terlihat aneh bagi orang awam seperti saya. Pertama kami diarahkan untuk memasuki subuah aula untuk mendapat pengetahuan mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LAPAN, dari penjelasan itu tentunya saya mendapat banyak ilmu pengetahuan yang baru khususnya dibidang antariksa dan tekhnologi.

            Setelah itu kami dibagi atas beberapa kelompok untuk melihat dan mempelajari alat-alat di LAPAN diantaranya kubah, radiospelitrograf, teleskop optik, ruang pusat pengamat cuaca, bola kaca, dan parabola besar. Dan kami juga dapat mengamati aktivitas matahari, dan tahu berapalama penyinaran matahari. Tapi saya sedikit kecewa mengetahui sebagian besar barang yang ada di LAPAN adalah barang impor, alangkah bahagianya jika bangsa kita sendiri yang membuat semua itu.
            Seharusnya kami mengunjungi Museum Geologi terlebih dahulu, tapi karena suatu alasan kami mengunjungi Pajajaran terlebih dahulu. Kegiatan disana diawali dengan sholat dan lalu makan bersama. Sembari makan kita memperhatikan orang-orang yang sedang berlatih.
            Selanjutnya kami mengunjungi Museum Geologi, namun kita harus menelan kekecewaan, ternyata Museumnya sudah tutup. Walaupun begitu kita masih bisa bermain-main di halaman museum, kami berphoto-photo disana.
            Kami pun kembali memasuki bus, dan disana kami mendapatkan penjelasan dari Bapak Hasan. Walaupun kecewa, ambilah dampak positifnya, setiap peristiwa pasti memiliki makna dibaliknya. Intinya kita harus lebih disiplin dan tidak menyianyiakan waktu, dan kami tidak menyesal karena dari perjalan ini kami mendapatkan pengalaman baru dan tentu saja sangat bermanfaat.

No comments:


\