July 26, 2013

Lotus (Nelumbo Nucifera)

Lotus ( Nelumbo Nucifera )

Lotus merupakan tanaman air yang bukan tumbuhan asli Indonesia, melainkan berasal dari India. Di Indonesia lotus dikenal dengan nama seroja, sedangkan dalam bahasa Inggris dinamai Indian lotus.
Bunga lotus memiliki makna kelahiran kembali dan pencerahan spiritual, mewakili kesucian, umur panjang, kehormatan, kesehatan dan keberuntungan. Bunga lotus juga melambangkan hubungan yang tak terputuskan karena tangkainya yang fleksibel dan tidak mudah patah.
Klasifikasi ilmiah bunga lotus yaitu; kerajaan: plantae, divisi: magnoliophyta, family: nelumbonaceae, genus: nelumbo, spesies: nelumbo nucifera.
Tumbuhan air dengan bunga yang mempesona ini memiliki nama latin Nelumbo Nucifera yang sering disalah kaprahkan sebagai bunga teratai. Kedua bunga ini memang terbilang cukup mirip, namun ada beberapa hal yang membedakan lotus dengan teratai.
Berikut beberapa ciri itu,
¯  Daun teratai mengambang di permukaan air, sedangkan daun lotus menjulur ke atas.
¯  Bunga teratai memiliki pusat bunga yang kecil, sedangkan bunga lotus memiliki pusat bunga yang besar.
¯  Bunga teratai memiliki warna yang beragam, sedangkan bunga lotus hanya memiliki warna bunga putih atau merah muda.
¯  Daun lotus memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau yang menjulang ke atas. Sedangkan bunganya memiliki kelopak besar, berwarna putih atau merah muda, dan memiliki ujung kelopak melancip.     
¯  Akar dari tanaman ini tumbuh menjalar di dalam media tanam.      
¯  Media tanam yang baik adalah tanah berlumpur dengan air setinggi 10-20 cm di atas permukaan tanah.
Bunganya yang tumbuh menjulang di atas tangkai, berbentuk lonjong dengan ujung yang semakin meruncing. Saat belum mekar, bunga ini tampak mirip dengan mangkok sup. Setelah mekar, kelopak bunganya merebak, namun sebagian masih menghadap ke atas. Jangka waktu bunga ini mekar yaitu hanya sekitar 3-4 hari. Warna bunga dikaitkan dengan negeri asalnya. Contohnya lotus kuning berasal dari Amerika, putih dari India, dan pink dari Cina.
Bunga seroja atau bunga lotus ini tumbuh dari lumpur di dasar rawa-rawa atau kolam dan tumbuh tinggi ke atas permukaan air. Bunga lotus adalah satu-satunya tanaman di dunia yang berbuah dan berbunga secara bersamaan. Bunga lotus menutup kelopaknya dan tenggelam dalam air setiap malam dan naik lagi pada waktu fajar.
Tumbuhan seroja secara umum terdiri atas akar, rimpang (rhizoma), daun, dan bunga. Daun.
Bentuk daun lotus ini bulat lebar, dengan bagian tepi bergelombang. Dari jauh, daun-daun lotus terlihat seperti jajaran payung yang sedang mengembang. Warna daun bagian atas hijau keabu-abuan, sisi bawahnya berwarna lebih muda. Permukaan daun terasa licin dan kenyal karena diselimuti lapisan lilin.
Dan pada bagian tangkainya juga tidak kalah menarik dengan bagian lainnya, karena tangkai lotus menjulang tinggi sampai 180 cm, sementara tangkau daunnya mencapai 100 cm lebih. Tangkai ini sangat lentur tapi kuat dan tidak gampang patah digoyang angin.
Tanaman ini dapat berkembang biak dari biji yang sudah tua atau rimpang. Dari rimpang ini muncul beberapa tangkai yang panjangnya hingga mencapai 1,5 meter. Tangkai ini berbentuk tabung dengan rongga di tengahnya.
Tangkainya yang berduri dapat mencegah gigitan ikan, ketika berbunga, tanaman ini mengeluarkan panas pada mekarnya selama 4 hari dan melepaskan sebuah aroma yang menarik serangga tertentu, serangga kemudian terbang ke bunga untuk makan serbuk sari dan nektar. Dari ujung tangkai inilah kemudian keluar daun yang muncul di atas permukaan air bukan mengapung. Daun berbentuk lingkaran, bergelombang di bagian tepi dengan urat daun terkumpul di tengah-tengahnya serta permukaannya berlapiskan lilin. Diameternya dapat mencapai hingga 60 cm.
Tumbuhan seroja atau lotus sering kali dimanfaatkan sebagai tanaman hias sebagai penghias kolam. Rimpangnya dapat dimakan, bijinya dapat diolah menjadi tepung untuk bahan makanan, akarnya dapat dimakan mentah tapi dengan resiko transmisi parasit dan biasanya direbus dijadikan sop. Benang sari bisa dijadikan teh herbal, bijinya bisa dijadikan salah satu ramuan makanan terkenal Cina yaitu mooncake atau kue bulan.
Bunga lotus ini hidup di rawa dan lumpur yang kotor akan tetapi bunga dan daunnya tidak ternoda sedikitpun olehnya, demikian pula dengan wanginya bunga teratai. Dalam Buddhis bunga teratai melambangkan kesucian yang berarti sudah terbebas dari semua kekotoran batin. Seperti bunga lotus yang hidup di air tapi tidak basah di lumpur tapi tidak kotor, ia tumbuh memberi keindahan pada dunia.



No comments:


\